Sering nyanyi jadi radang tenggorokan?

Lalalalala aku senang sekali doraemon ~~ 🎀🎢
Assalamualaikum wr. wb. Hallo Humerian πŸ™Œ, Humerus berbagi datang lagi nih! Senangnya bernyanyi melepas penat, tapi tunggu dulu gengs kalian tau gak sih kalo kebanyakan nyanyi tuh bisa bikin tenggorokan jadi radang???

Nah pernah ngga kalian merasa suaranya serak atau hilang setelah berteriak kencang atau menjadi suporter pada suatu pertandingan atau bernyanyi? Ini merupakan gejala terjadinya peradangan pada pita suara atau laringitis akut karena merusak lipatan vokal bagian luar. Bahkan, jika berlangsung secara berulang dapat timbul adanya jaringan parut di lokasi tersebut. Kok bisa? Jadi, simak dulu infonya ya 😁

πŸ‘‰ Apa itu laringitis?
Radang tenggorokan atau laringitis merupakan peradangan yang bisa disebabkan oleh bermacam-macam pemicu seperti polip hidung, bronkitis kronis, dan sinusitis kronis. Namun salah satu penyebab yang tidak diketahui yaitu bisa karena penyalahgunaan suara (vocal abuse) seperti berteriak πŸ”Š, berbicara keras, dan bernyanyi dengan suara yang tinggi.
Laringitis terjadi karena adanya kerusakan pada pita suara akibat getaran yang melebihi batas ketahanan pada organ tersebut. Langkah awal yang dilakukan yaitu bisa mengurangi intensitas berbicara atau bernyanyi karena peradangan yang terjadi di tenggorokan memerlukan waktu πŸ•‘ untuk sembuh.

Jadi, apa aja sih cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi gejala tersebut? 😯

β˜‘ Istirahat untuk berbicara πŸ”‡
Apabila saat laringitis, kita masih sering berbicara memungkinkan penundaan penyembuhan sehingga disarankan untuk berbiacara dengan suara yang pelan dan dengan frekuensi diminimalisir jika pasien perlu berbicara untuk mengurangi ketegangan pada pita suara yang mengalami radang.

β˜‘ Menambah kelembaban
Menjaga daerah tenggorokan dalam keadaan lembab dengan banyak minum air putih dapat meminimalisir terjadinya iritasi yang dapat disebabkan oleh udara yang kita hirup, asap kendaraan, asap rokok, bahan kimia seperti wewangian berakohol, uap bensin dan lain lain. Ketika tenggorokan kering iritan tersebut lebih mudah untuk merusak dinding tenggorokan.

β˜‘ Obat pereda batuk πŸ’Š
Serak biasanya diikuti rasa gatal pada tenggorokan. Kebanyakan beberapa orang membatukkan dengan sengaja ketika merasa gatal, dan ini malah memperparah kondisi laring kita. Ketika batuk menyerang dan tidak sembuh juga, lebih baik membeli obat pereda batuk seperti dekstrometrofan di apotik.

πŸ’‘ Jadi, sebaiknya kita kecilkan volume suara berdasar firman Allah dalam QS. Ali Imran ayat 118 dimana kita diperintahkan oleh Allah untuk merendahkan suara dan Allah mecela orang-orang yang berteriak -teriak karena mirip seperti suara keledai yang merupakan suara yang paling buruk

Gimana nih, jadi tau kan sekarang? Kalo kalian suka, bisa lho dilikeπŸ‘ and share πŸ“€ ke teman-teman kalian, ke mantan atau gebetan juga boleh πŸ˜ƒ
Oh, iya kalau kalian punya pertanyaan yang ingin dibahas di huber, bisa langsung komen di bawah yaa πŸ˜‰

Sekian dulu ya, HUBER kali ini. Sampai jumpa di Humerus Berbagi berikutnyaaa!
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

TBMM Humerus FK UII
Cepat, tepat, selamatkan!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *