Huber obat peninggi badan

Investigasi Obat Peninggi Badan


Hallo para pembaca 🙂 
Selamat datang di konten baru, horeeee !! Konten ini disebut HuBer atau Humerus Berbagi, disini akan dibahas masalah-masalah kesehatan di masyarakat lalu kita lihat dari sisi kedokterannya. WOW. Pada topik kali ini kita akan membahas tentang “Obat Peninggi Badan”. Tentu saja para pembaca pasti pernah mendengar iklan terkait obat peninggi badan. Nah sebenernya apakah benar obat-obat tersebut dapat membuat kita tinggi sesaat? atau malah menyebabkan bahaya bagi tubuh kita? nah nah langsung saja kita bahas. Happy reading 🙂
Tahapan pertama, kami melakukan penelitian dengan mencoba menghubungi salah seorang penjual obat tersebut, dan akhirnya didapatkan contoh gambar dari produk obat tersebut. Tampak pada kemasan nomer BPOM yang valid karena produk tersebut memang terdaftar pada web cekbpom.pom.go.id  sehingga membuktikan bahwa produk tersebut telah mendapatkan izin edar dari BPOM.
Penelitian selanjutya dengan cara mengecek khasiat zat yang dikandung. Kami mencoba mencari tau apakah kandungan NHCP yang ada dikemasan obat. Pencarian data menggunakan clinical key (search engine jurnal), tetapi tidak ditemukan sumber yang membahas suatu suplemen dengan nama NHCP. Tapi, apakah kalsium penting untuk pertumbuhan tulang? Tentu benar bahwa kalsium memang penting untuk pertumbuhan tulang, tapi serbuk kalsium dengan nama NHCP? Tidak ada data sama sekali yang mendukung konsistensi serbuk kalsium berdasarkan pencarian di search engine jurnal.Manfaat kalsium dalam pertumbuhan tulang adalah merangsang pembentukan jaringan ikat serta osteoblast sehingga dalam masa pertumbuhan, kalsium sangat dibutuhkan. Perlu kita tau, sebelum masa pubertas berakhir, pertumbuhan panjang tulang akan terus berakhir selama lempeng epifisis kita belum menutup, sehingga ketika fase pubertas , disarankan untuk memperbanyak mengonsumsi kalsium. Selain itu, manfaat kalsium adalah untuk mencegah osteoporosis dan menguatkan tulang serta gigi.
Selanjutnya kandungan zinc (seng) pada obat peninggi badan.  Berdasarkan penelitian pada jurnal, seng memang berperan penting dalam pertumbuhan tulang.  Terdapat suatu penelitian terhadap responden balita di Iran yang mendukung bahwa pemberian suplemen seng mampu meningkatkan tinggi badan. 
Terakhir kandungan spirulina pada obat. Kebanyakan jurnal yang dapat ditemukan hanya membahas seputar efek spirulina pada hewan, jarang pada manusia, apalagi yang membahas tentang penambahan tinggi. Pada tikus, spirulina ditemukan dapat mengatasi kekurangan protein (artinya berefek kalau memang sudah kekurangan) yang bisa berakibat menurunnya pertumbuhan tulang. Nah, bagaimana jika protein anda sudah tercukupi? Apakah anda tentu membutuhkan spirulina? Apakah sumber protein tinggi hanya spirulina?
Kesimpulan: mungkin bahasa promosi memang terkesan terlalu bombastis. Suplemen pertama (dengan kandungan serbuk kalsium NHCP) tidak dapat ditemukan dimanapun, maka agak berlebihan bahwa merk suplemen tersebut “telah disarankan oleh ahli” karena tidak terdapat referensi yang mengacu kesana.  Zinc? Baiklah kali ini zinc dapat diterima. Spirulina? Memangnya protein tinggi cuma dari sana? Ingat, tinggi manusia dipengaruhi oleh banyak faktor, seperti genetik, lingkungan, aktivitas, dsb. Testimoni pemakaian produk tidak menjadikan suatu obat dianggap “terbukti secara klinis”. Harus ada serangkaian tahap pengujian (dari lab, kemudian ke hewan, kemudian manusia) untuk bisa menghasilkan hasil yang dianggap “CLINICALLY PROVEN”.
Reference:
1. Cerovic A, Miletic I, Sobajic S, Blagojevic D, Radusinovic M, El-Sohemy A. Effects of zinc on the mineralization of bone nodules from human osteoblast-like cells. Biological Trace Element Research. 2007;116(1):61-71.
2. Hakimi SM, Hashemi F, Valaeei N, Seyed-Masood K, Velayati AA, Boloursaz MR. The effect of supplemental zinc on the height and weight percentiles of children. Arch Iran Med. 2006; 9 (2); 148-52
3. Prasad A. Zinc and immunity. Molecular and Cellular Biochemistry. 1998;188(1/2):63-69.
4. Fournier C, Rizzoli R, Bouzakri K, Ammann P. Selective protein depletion impairs bone growth and causes liver fatty infiltration in female rats: prevention by Spirulina alga. Osteoporosis International. 2016;27(11):3365-3376.

1 thought on “Huber obat peninggi badan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *