APA YANG HARUS DILAKUKAN SAAT BANGUN TIDUR???

        Umur bertambah tua memang bukan sebuah pilihan, pasti semua orang akan mengalaminya. Tetapi kalau urusan penuaan pada tubuh kita, ada solusi yang bisa dilakukan. Hal kecil, tetapi bisa menimbulkan efek yang cukup besar. BANGUN TIDUR. 
        Beberapa orang menyepelekan hal kecil ini. Bangun tidur, langsung saja berdiri, berjalan, bahkan berlari, karena mengejar suatu urusan. Misalnya saja ketika bangun tidur kesiangan, mahasiswa langsung berlonjak, berdiri, kemudian berlari ke kamar mandi karena terlambat untuk kuliah. Hal sepele inilah salah satu faktor yang dapat mempercepat proses penuaan, khususnya pada sistem saraf pusat kita yaitu otak. Karena aliran darah ke otak yang tiba-tiba berhenti dari posisi berbaring ke berdiri menyebabkan beberapa gangguan jika dilakukan secara continue/ terus-menerus. Contoh gangguannya adalah, seseorang akan mudah pikun seiring berjalannya waktu.
        Dari sebuah seminar (Continuing Medical Education) yang diadakan oleh Mahasiswa FK UII dengan tema “Current Issue of Aging and Sexual Function Problems” beberapa pekan lalu, salah satu narasumber memberikan tips yang harus dilakukan saat bangun tidur. Tipsnya adalah:
1. Saat kita terbangun dari tidur, berdoa terlebih dahulu (ingat, Allah yang telah membangunkan kita lagi 🙂 )
2. Miringkan badan ke kanan selama 30 detik (biarkan tubuh menyesuaikan, terutama jantung kita yang memompa darah)
3. Duduk selama 30 detik (biarkan tubuh menyesuaikan posisi kita yang berubah)
4. Berdiri, kemudian kaki dijinjit-jinjitkan sebanyak 8 kali
5. Anda siap untuk berjalan dan beraktifitas
Selamat mencoba, semoga bermanfaat dan hidup kita penuh berkah 🙂
Sumber: Seminar CME FK UII Yogyakarta, 21 September 2013

– MK-

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *